Penyakit Gum pada Anjing

Penyakit gusi pada anjing, lebih dikenal secara medis sebagai penyakit periodontal adalah salah satu masalah kesehatan anjing yang paling sering terjadi. Ada dua jenis utama penyakit gusi atau penyakit periodontal – Gingivitis dan Periodontitis. Merawat gigi peliharaan Anda sama pentingnya dengan gigi Anda.

Penyakit periodontal pada dasarnya berkembang ketika bakteri menemukan jalan masuk dan berada di dalam gusi dan gigi anjing. Ini menyebabkan iritasi. Peradangan gusi terjadi diikuti oleh perdarahan. Gingivitis menghasilkan celah di antara gusi dan gigi sehingga memungkinkan bakteri dan makanan untuk menjebak di dalam celah. Ini lebih lanjut menyebabkan infeksi. Penyakit ini cenderung memburuk seiring bertambahnya usia. Bakteri menyebabkan pembentukan plak awalnya yang akhirnya berubah menjadi kalkulus. Pembentukan kalkulus membuatnya sangat menjengkelkan dan menyakitkan bagi anjing. Setelah kalkulus atau karang gigi menjadi tebal, itu menjadi cukup sulit untuk dihilangkan.

Gejalanya cukup parah dan berubah menjadi pengalaman yang sangat menyakitkan bagi anjing. Tahapan selanjutnya bisa membuat gigi menjadi lemas dan rontok. Bau mulut adalah gejala yang paling mencolok. Anjing itu akan mengalami kesulitan besar dalam makan. Ini akan membuatnya lebih lemah. Gigi menjadi bernoda dan lemah. Gusi menjadi merah dan mengalami ulserasi dan mulai berdarah. Terjadi semacam keluarnya cairan hidung dan area di bawah mata membengkak. Jenis anjing yang lebih kecil lebih rentan terhadap penyakit gusi. Anjing yang diberi makanan anjing yang tepat dan bergizi kurang rentan terinfeksi. Kasus yang sangat parah bahkan dapat menyebabkan masalah pada jantung, ginjal dan hati.

Perawatan adalah proses yang sangat log dan sibuk dan lebih baik mencegahnya. Makanan sehat, pembersihan gigi dan gusi secara teratur adalah cara terbaik untuk menghindari penyakit periodontal. Menyikat mungkin terdengar aneh bagi anjing, tetapi sebenarnya merupakan metode yang sangat efektif. Kebersihan mulut secara keseluruhan sangat penting. Perawatan berarti membawanya ke dokter hewan secara teratur, memberikan anestesi lokal dan operasi. Dibutuhkan obat penenang berat.

Sejumlah besar teknik gigi besar dan mahal dilakukan sesuai dengan kesuburan penyakit. Jika tidak ditangani dengan benar, bakteri akan berevolusi dan bermigrasi ke organ lain dan akhirnya menjadi fatal bagi anjing. Prosedur gigi bisa sangat melelahkan bagi Anda dan anjing Anda. Jadi sebaiknya tidak ada kebutuhan untuk itu. Anda harus sangat teratur dengan kebersihan gigi hewan peliharaan Anda. Anjing peliharaan Anda tidak akan mengambil sikat gigi dan mulai menyikat gigi. Andalah yang perlu merawat perawatan mulutnya. Bersamaan dengan perawatan di rumah, sama pentingnya untuk melakukan kunjungan rutin ke dokter hewan untuk pemeriksaan dan pembersihan gigi. Membersihkan gigi secara teratur akan mencegah penyebaran bakteri jika ada.

Kita semua tahu betapa sakitnya kunjungan ke dokter gigi dan kita tidak ingin anjing peliharaan kita yang malang itu melewatinya. Luangkan waktu untuk mengunjungi dokter hewan setidaknya sebulan sekali dan jagalah agar anjing Anda bebas dari rasa sakit.